Tuesday, 19 May 2015

Langkah Mudah Memulai Olahraga

Selalu menolak ajakan teman kantor berolahraga bersama? Pasti Anda sudah menyiapkan segudang alasan untuk menolaknya. Entah karena lagi malas, ada janjian kencan atau tidak bawa sepatu olah raga. Memang, rutih berolah raga harus dimulai dari kemauan diri sendiri. Padahal dengan rutin berolahraga akan meningkatkan daya tahan tubuh dan mudah fokus dalam bekerja. Berikut ada cara mudah bagi Anda yang ingin memulai olahraga:

  1. Beli peralatan olahraga
    Salah satu cara untuk memaksa Anda rajin olahraga adalah dengan memulai beli peralatan olahraga. Apalagi alat olahraga tidak murah kan? Sedikit usaha untuk beli running shoes atau yoga mat bisa membuat Anda jadi rajin pergi ke sports club. Sayang kan kalau sudah beli tapi tidak digunakan sesering mungkin?
  2. Cari sports club dekat kantor
    Semakin jauh, semakin Anda malas untuk berangkat ke sana. Ya, coba cari sports club dekat kantor atau menuju pulang ke rumah. Banyak kok fitness club atau kolam renang hotel yang dekat dengan perkantoran, atau mungkin Anda bisa coba tanyakan sports club dekat rumah. Biasanya ada perumahan yang memiliki gym plus swimming pool yang bisa digunakan publik, dan harganya relatif lebih murah loh! Dengan begitu, tak ada lagi kan alasan untuk olahraga tiap hari?
  3. Punya sports-buddy
    Kalau udah nemu lokasi olahraga yang oke, Anda bisa mulai mengajak teman kantor atau pasangan untuk ikutan olahraga bersama. Sports-buddy akan sangat membantu Anda untuk terus rutin berolahraga. Sebagai reminder, teman ngobrol dan bahkan bisa menjadi kompetitor. Olahraga bersama pasangan juga bisa meningkatkan kedekatan asmara Anda loh!
  4. Buat jadwal olahraga
    Ketika sudah disepakati bersama mau olahraga di mana dan dengan siapa, yuk buat jadwal olahraga rutin tiap minggunya! Seminggu paling tidak Anda punya tiga kali jadwal berolahraga, tak perlu seminggu penuh kok. Jangan lupa diimbangi dengan variasi olahraganya. Misal selain nge-gym, bisa juga mencoba berenang atau muay thai. Selain sehat, Anda juga bisa mencoba pengalaman baru.
  5. Set the goal!
    Sedikit orang yang membuat goal ketika berolahraga. Mayoritas orang berolahraga hanya untuk menurunkan berat badan, padahal ada banyak tujuan yang dapat di raih. Jika Anda memang ingin menurunkan berat badan, pasanglah angka berapa Anda harus turun berat badan dalam kurun waktu tertentu. Atau jika Anda memang hanya ingin menjaga daya tahan tubuh, tidak perlu olahraga yang berat namun rutin dilakukan. Tapi dengan memasang target, Anda akan semakin terpacu untuk rutih berolahraga.

Sebenarnya mudah kan? Tinggal kemauan dan niat Anda untuk memulainya. Dengan kelima tips di atas, Anda bisa memulai gaya hidup sehat dan ajak teman atau pasangan Anda berolahraga bersama.